comment 0

Pribadi-Pribadi yang Menginspirasi by Dahlan Iskan

Sejak Dahlan Iskan tidak menulis lagi di Jawa Pos, banyak para pembacanya yang kangen dengan tulisan beliau. Joko Intarto, salah satu wartawan di Jawa Pos dulu, ketika Dahlan Iskan masih memimpin Jawa Pos menawarkan diri untuk membantu mempublikasikan tulisan Dahlan Iskan melalui internet yang kita kenal sekarang dengan Disway.id singkatan dari Dahlan Iskan’s Way. Topiknya beragam-ragam, mulai dari perjalanan ke luar negeri, pribadi yang menginspirasi, hingga politik dalam dan luar negeri.

Buku ini merupakan antalogi kisah pribadi-pribadi yang menginspirasi yang Dahlan Iskan temui di perjalanan hidupnya. Ada puluhan kisah yang dipilih untuk buku ini seperti Pondok Pesantren Pertama di Amerika atau Cerita Ricky Elson, di pelosok Tasikmalaya. Disana ia buat pesantren teknologi. Di Ciheras yang diberi judul Pendongeng Michio Kaku dari Ciheras yang jadi favorit cerita di buku ini. Versi saya. Selain cerita lain tentang Pengusaha Tempe di Jepang.

Barangkali, perlu penyesuaian dalam membaca buku ini karena tulisannya agak beda dari biasanya. Kalimatnya pendek-pendek. Tiga kata, dua kata bahkan satu kata. Tanpa koma. Kebanyakan titik. Tapi bisa diterima, hingga buku ini terbit sudah ada 5 juta pembaca di Disway.id. Website resmi beliau. Abah Dahlan Iskan.

Sekalipun tidak beli buku ini, tulisan Abah Dahlan Iskan masih bisa dinikmati kok di website resminya. Disway.id. Selamat membaca.

“Kini Ricky mengasuh dua jenis makhluk hidup: manusia dan binatang. Ricky menggunakan binatang sebagai contoh. Sesederhana apa pun binatang itu seperti manusia: bisa berpikir. Yang binatang tidak bisa adalah: membuat perencanaan.” (Hlm 75)

Malang,
21 Maret 2019
Ibnu Dharma Nugraha

Tinggalkan Balasan