comment 0

Pengalaman Beli Buku di Mizanstore

Setelah mencari di beberapa toko buku baik itu di marketplace maupun offline. Saya belum juga menemukan buku yang saya cari. Sekalinya ketemu, ternyata stoknya sudah habis. Hal inipun wajar karena buku berjudul ‘The Shallows’ yang saya cari memang tergolong buku lawas alias kolot. Sehingga, sudah tidak dicetak lagi dan mungkin pula tidak banyak dicari oleh orang-orang.

Besoknya, saya coba cari di beberapa toko buku online. Alhamdulillah, nemu di dua tempat. Pertama, adalah Gramedia dan kedua, adalah Mizanstore. Saya cukup kaget ketika mengetahui bahwa harga buku di Mizanstore lebih murah 81% dibanding Gramedia sehingga harganya menjadi  Rp10.000,00 aja!! (Semula harganya adalah Rp52.000,00). Insha allah, dalam telaah dan teori anak kos dapat digolongkan ke dalam buku yang murah.

Saya akan coba uraikan bagaimana proses pembelian buku di Mizanstore melalui website di mizanstore.com beserta waktu pembelian. Jika ingin langsung membaca impresi juga review saya belanja buku di Mizanstore dapat langsung dibaca di sini.

Senin, 8 Oktober 2018

Saya mendaftar terlebih dahulu menjadi member di Mizanstore. Sebenarnya dalam pembelian buku tidak harus menjadi member, tapi berhubung saya penasaran, saya mencobanya. Saya mendaftar dengan mengisi menu registrasi member yang caranya cukup mudah yakni mengisikan nama depan, nama belakang, alamat email dan lainnya.

Setelah mendaftar. Mizanstore akan mengirimkan aktivasi akun melalui email yang didaftarkan. Proses berikutnya adalah dengan mencari buku yang ingin saya cari pada kolom ‘cari judul’. Apabila barang tersedia maka dapat melakukan proses pembelian dengan meng-klik tombol beli beserta kuantitas barang yang akan dibeli. Di dalamnya juga terdapat beberapa sub menu antara lain: deskripsi, spesifikasi buku dan ulasan.

Kemudian, akan muncul tiga pilihan yaitu kosongkan untuk mengkosongkan barang yang ingin dibeli. Lanjutkan pembelian untuk membeli buku yang lain. Dan checkout untuk melakukan proses transaksi pembelian buku. Kali ini saya akan melakukan proses pembelian dengan meng-klik pilihan checkout.

Selanjutnya saya diminta untuk mengisi data kelengkapan diri seperti metode, informasi data pembeli, informasi data pengirim dan metode pembayaran. Tepat disamping kanannya akan ada gambar informasi pesanan. Untuk pengiriman hanya dapat dilakukan oleh dua kurir yakni JNE dan Pos Indonesia. Kali ini saya memilih JNE Reguler.

Kemudian, akan muncul halaman baru yaitu rincian pesanan yang berisikan informasi produk, informasi harga, data pembeli juga data penerima. Kemudian saya meng-klik pilih pembayaran untuk memilih metode pembayaran yang akan saya gunakan. Ada dua cara dalam melakukan proses pembayaran ini. Pertama adalah menggunakan bank mandiri atau BCA dan yang kedua melalui aplikasi Grab Pay. Saya memilih metode yang pertama.

Dan selanjutnya adalah melakukan proses pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang ada. Proses pembayaran dilakukan dalam rentang waktu 2×24 jam. Apabila diluar dari batas itu maka proses pembelian akan dibatalkan.

Dalam hari yang sama saya transfer menggunakan bank BRI menuju bank Mandiri .002.112.0009 atas nama PT. Millennia Tijara Semesta. Dan langsung melakukan konfirmasi pembayaran. Mengisi beberapa data yang telah saya lakukan juga melakukan upload foto bukti transfer. Setelah itu, dalam beberapa menit akan muncul email bahwa buku yang dibeli telah diverifikasi dan persiapan untuk dikirim.

Proses tracking dapat dilihat di beranda pada menu tracking order dengan memasukan nomor invoice dan juga email member.

Selasa, 9 Oktober 2018

Ada inbox SMS dari nomor customer service Mizanstore bahwa buku yang saya beli telah dikirim beserta nomor resi JNE nya. Dari resi JNE ini pembeli dapat melakukan tracking di web JNE mengenai lokasi buku berada.

Rabu, 10 Oktober 2018

Proses pengiriman

Kamis, 11 Oktober 2018

Alhamdulillah barang telah sampai dari Depok menuju Malang dalam waktu kurang lebih 3 hari (masuk jam kerja). Kali ini tidak ada SMS dari customer service. Barang dikemas cukup rapih. Dibungkus bubble dan beberapa informasi produk di muka kemasannya.

NB: Saya juga membuat review belanja buku di Mizanstore. Klik link ini untuk membaca review saya.

Malang,
11 Oktober 2018
Ibnu Dharma Nugraha

Tinggalkan Balasan