comment 0

Corat-Coret di Toilet – Eka Kurniawan

Sumber : edyrahmat88.wordpress.com

Buku kedua dari Eka Kurniawan yang saya baca: setelah novel O yang membuat saya makin tertarik dengan penulis yang satu ini. Corat Coret di Toilet merupakan antalogi cerita pendek yang ditulis Eka di  beberapa media yang kemudian dijadikan sebuah buku.  Seperti antalogi pada umumnya, buku ini memaparkan 12 kisah yang beberapanya kerap hadir dalam lingkungan kita sehari-hari, sebut saja tentang idealisme mahasiswa, pernikahan, keluarga, dan sebagainya.

Sama seperti judulnya, cerita pendek ‘corat coret di toilet’ menjadi cerita yang saya suka. Tentang sebuah toilet yang habis dicat berwarna krem yang kemudian menjadi dinding aspirasi bagi orang-orang yang menggunakannya dengan jujur tanpa takut akan adanya intervensi hukum pemerintah. Toilet yang pada awalnya biasa aja, karena cerita ini menjadi cukup asik. Toiletisme saya menyebutnya.

Secara keseluruhan, buku antalogi cerpen ini cukup baik. Ada beberapa humor yang diselipkan juga gaya bahasa dan perseptif tokoh yang berbeda disertai satir-satir aneh ala Eka. Namun sayangnya, buku ini saya rasa lebih cocok dibaca oleh orang dewasa dan lagi, buku ini agak sulit diketahui maksud dan orientasinya. Maka jangan heran, di beberapa cerita kamu akan bertanya “Maksud Eka apa sih nulis ginian?”.

“Aku tak percaya bapak-bapak anggota dewan. Aku lebih percaya kepada dinding toilet.” Hlm 29

Review Oleh : Ibnu Dharma Nugraha

Tinggalkan Balasan